Rabu, 04 Juni 2014

Laporan Ilmiah, Semi Ilmiah dan Contoh Laporan Ilmiah

Laporan Ilmiah


      Laporan ilmiah adalah bentuk tulisan ilmiah yang disusun berdasarkan data setelah penulis melakukan percobaan, peninjauan, pengamatan, atau membaca artikel ilmiah. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan tentang laporan ilmiah.
1. Kegiatan menulis laporan ilmiah merupakan kegiatan utama terakhir dari suatu kegiatan ilmiah.
2. Laporan ilmiah mengemukakan permasalahan yang ditulis secara benar, jelas, terperinci, dan ringkas.
3. Laporan ilmiah merupakan media yang baik untuk berkomunikasi di lingkungan akademisi atau sesama ilmuwan.
4. Laporan ilmiah merupakan suatu dokumen tentang kegiatan ilmiah dalam memecahkan masalah secara jujur, jelas, dan tepat tentang prosedur, alat, hasil temuan, serta implikasinya.
5. Laporan ilmiah dapat digunakan sebagai acuan bagi ilmuwan lain sehingga syarat-syarat tulisan ilmiah berlaku juga untuk laporan.

Sistematika Laporan Ilmiah

Bagian awal, terdiri atas :
  • Halaman judul: judul, maksud, tujuan penulisan, identitas penulis, instansi asal, kota penyusunan, dan tahun
  • Halaman pengesahan (jika perlu)
  • Halaman motto/semboyan (jika perlu)
  • Halaman persembahan (jika perlu)
  • Prakata;
  • Daftar isi;
  • Daftar tabel (jika ada)
  • Daftar grafik (jika ada)
  • Daftar gambar (jika ada)
  • Abstak : uraian singkat tentang isi laporan
Bagian Isi, terdiri atas:
  • Bab I Pendahuluan berisi tentang: Latar belakang, Identitas masalah, Pembatasan masalah, Rumusan masalah, Tujuan dan manfaat
  • Bab II : Kajian Pustaka
  • Bab III : Metode
  • Bab IV : Pembahasan
  • Bab V : Penutup
Bagian Akhir, terdiri atas
  • Daftar Pustaka
  • Daftar Lampiran
  • Indeks : Daftar istilah

Jenis-jenis Laporan Ilmiah
        
          Dari beberapa sumber yang ada, terdapat 3(tiga) jenis Laporan Ilmiah yaitu sebagai berikut :
Laporan Lengkap (Monograf)
  • Menjelaskan proses penelitian secara menyeluruh.
  • Teknik penyajian sesuai dengan aturan (kesepakatan) golongan profesi dalam bidang ilmu yang bersangkutan.
  • Menjelaskan hal-hal yang sebenarnya yang terjadi pada setiap tingkat analisis.
  • Menjelaskan (juga) kegagalan yang dialami,di samping keberhasilan yang dicapai.
  • Organisasi laporan harus disusun secara sistamatis (misalnya :judul bab,subbab dan seterusnya,haruslah padat dan jelas).
Artikel Ilmiah
  • Artikel ilmiah biasanya merupakan perasan dari laporan lengkap.
  • Isi artikel ilmiah harus difokuskan kepada masalah penelitian tunggal yang obyektif.
  • Artikel ilmiah merupakan pemantapan informasi tentang materi-materi yang terdapat dalam laporan lengkap.

Laporan Ringkas
Laporan ringkas adalah penulisan kembali isi laporan atau artikel dalam bentuk yang lebih mudah dimengerti dengan bahasa yang tidak terlalu teknis (untuk konsumsi masyarakat umum).

Fungsi Laporan Ilmiah
1. Laporan penelitian mengkomunikasikan kepada pembaca seperangkat data dan ide spesifik.   Ide spesifik. Spesifik tersebut disampaikan secara jelas dan cukup rinci agar dapat dievaluasi.
2. Laporan Ilmiah harus dilihat sebagai sumbangan dalam khasanah ilmu pengetahuan.
3. Laporan Ilmiah harus berfungsi sebagai stimulator dan mengarahkan pada penelitian selanjutnya.

Laporan Semi Ilmiah
         Laporan semi ilmiah adalah sebuah penulisan yang menyajikan fakta dan fiksi dalam satu tulisan dan penulisannyapun tidak semiformal tetapi tidak sepenuhnya mengikuti metode ilmiah yang sintesis-analitis karena sering di masukkan karangan non-ilmiah.  maksud dari karangan non-ilmiah tersebut ialah karena jenis semi ilmiah memang masih banyak digunakan misal dalam komik,anekdot, dongeng, hikayat, novel, roman dan cerpen.
Contoh wacana semi ilmiah :
Laporan semi-ilmiah adalah tulisan yang berisi informasi faktual, yang diungkapkan dengan bahasa semiformal,tetapi tidak sepenuhnya mengikuti metode ilmiah yang sintesis-analitis karena sering "dibumbui" dengan opini pengarang yang kadang-kadang subjektif.

 
Contoh Laporan Ilmiah

Dampak Penggunaan Internet

BAB I
PENDAHULUAN

            A.      Latar Belakang

            Perkembangan internet  yang sangat pesat, membawa pengaruh yang sangat besar dalam perkembangan peradaban manusia khususnya di abad ke-21 ini. Semakin banyaknya teknologi yang ditemukan dari hari ke hari.
 Internet adalah suatu jaringan internasional  yang menghubungkan semua komputer di seluruh dunia. Agar satu komputer dan komputer lainnya dapat terhubung maka diperlukan jaringan telepon (baik kabel maupun elektromagnetik).  Agar internet dapat dipergunakan dengan sempurna maka diperlukan berbagai dukungan baik itu software, hardware, brainware (pengguna). Banyak ISP (Internet Service Provider) yang menawarkan jasa internet di Indonesia misalnya telkom. ISP adalah suatu pusat atau server yang menjadi pusat untuk membagi jaringan ke komputer – komputer yang ingin terhubung ke internet.
Pada tahun 1999, jumlah komputer yang telah dihubungkan dengan internet di seluruh dunia mencapai lebih dari 40 juta dan jumlah ini terus bertambah setiap hari. Saat ini jumlah situs web mencapai jutaan, bahkan mungkin trilyunan, isinya memuat bermacam-macam topik dan pembahasan. Tentu saja, situs-situs itu menjadi sumber informasi baik yang positif ataupun negatif. Informasi dikatakan positif apabila bermanfaat untuk penelitiaan. Tapi banyak masyarakat khususnya pelajar yang memanfaatkan adanya internet ke hal – hal yang negatif. Di bawah ini akan dijelaskan dampak  - dampak positif maupun negatif dari penggunaan internet.

B.      Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas maka kami temukan permasalahan sebagai berikut :
-          Apa dampak penggunaan internet ?
-          Bagaiman cara memanfaatkan teknologi sehingga terhindar dari dampak negatifnya ?

C.      Tujuan
Tujuan penulisan karya ilmiah ini agar pembaca dapat :  
-          Menganalisa dampak penggunaan internet
-          Mengambil alternatif / langkah untuk  menangani dampak negatif penggunaan internet. 


BAB II

PEMBAHASAN

Pengertian Internet
Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Inter net Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan").
          
Dampak Positif Dan Negatif Penggunaan Internet

Dampak Positif Internet
1)    Internet sebagai Media komunikasi
       Fungsi ini merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan , setiap pengguna internet dapat             berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
2)    Media untuk mencari Informasi
       Perkembangan internet yang pesat,menjadikan internet sebagai salah satu sumber informasi yang penting        dan akurat.
3)    Sumber Penghasilan
       Saat ini banyak sekali orang yang menggunakan internet sebagai sumber penghasilan.
4)    Kemudahan berbisnis
       Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi ketempat        penjualan.
5)    Sumber informasi.
       Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan ,kebudayaan,da lain-lain.
6)    Kemudahan memperoleh informasi.
       Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
7)    Media pertukaran data.
       Dengan menggunakan email,newsgroup,FTP dan WWW (World Wide Web) pengguna internet diseluruh  dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.

Dampak negatif internet
1)    Pornografi
       Internet identik dengan pornografi.Dengan kemamapuan penyampaian informasi yang dimiliki internet,
       pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini para produsen browser melengkapi program
       mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis homepage yang dapat diakses.
2)    Penipuan
       Internet pun tidak luput dari serangan penipu.Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau
      mengkonfirmasi informasi yang kamu dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
3)   Mengurangi sifat sosial
      Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat iternet dari pada
      bertemu secara langsung.
4)   Kecanduan
      Bisa membuat seseorang kecanduan ,terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan
      uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut.

Peran Pihak Sekolah Dalam Menangani Dampak Negatif Dari Penggunaan Internet

Dalam perkembangannya teknologi informasi di jaman sekarang ini, mengakses internet dan membuka situs jejaring sosial kini dapat dilakukan dengan telepon seluler. Hal ini cukup membuat dampak dari jejaring sosial sangat dirasakan dikalangan siswa. Masalahnya adalah banyak siswa yang mengakses situs jejaring sosial tersebut dari telepon seluler siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung. Akibatnya para siswa tidak serius mengikuti pelajaran yang berlangsung, sehingga konsentrasi siswa hanya pada jejaring sosia. Melihat keadaan ini, lambat laun motivasi belajar siswa juga akan mengalami penurunan. Motivasi belajar sangat erat kaitannya dengan prestasi siswa. Jika motivasi atau keinginan siswa untuk belajar rendah maka yang terjadi adalah prestasi siswa juga akan mengalami penurunan. Hal inilah yang sangat menghawatirkan dalam dunia pendidikan juga bagi generasi penerus bangsa Indonesia.
Mengingat berbagai dampak negatif dari internet pihak sekolah harusnya memberikan upaya – upaya agar siswa tidak terjerumus ke hal – hal yang kurang baik. Adapun upaya yang dipaparkan adalah :
1.      Memberikan Pemahaman kepada Siswa Tentang Bahaya internet
Langkah ini perlu dilakukan agar para siswa tahu bahaya dari penggunaan situs internet, dan dapat menggunakannya secara lebih bijak. Selain itu langkah ini juga dapat menimbulkan rasa waspada kepada siswa sehingga dalam menggunakan situs di internet para siswa menjadi lebih berhati-hati.
2.      Perhatikan pengaruh Telepon Seluler yang Dapat Mengakses Internet
Kecanggihan alat komunikasi sekarang ini telah memungkinkan telepon seluler untuk mengakses internet. Bahkan beberapa merek telepon seluler ternama berlomba-lomba mengeluarkan produk yang memiliki kecanggihan dan kemampuan akses internet, yang memungkinkan penggunanya mengakses situs jejaring sosial dengan sangat mudah. Hal ini dapat menyebabkan siswa kecanduan mengakses situs jejaring sosial dengan telepon seluler siswa. Maka dari itu sebagai orang tua, usahakanlah untuk tidak memberikan telepon seluler kepada anak usia dini, karena kebanyakan anak usia dini belum dapat memanfaatkan internet dengan baik, maka akan berakibat pada prestasi siswa disekolah karena terlalu sering mengakses internet atau jejaring sosial. Karena tujuan utama telepon seluler adalah untuk alat komunikasi saja. Selain itu diharapkan kepada pihak sekolah untuk menyediakan media penitipan dan menyita telepon seluler yang dimiliki siswa. agar siswa menjadi tidak terbebani pikiran dan lebih mudah memahami pelajaran di sekolah.
3.      Mengawasi Siswa dalam Berinternet atau Berjejaring Sosial
Pengawasan terhadap pergaulan siswa dalam jejaring sosial dunia maya sangat diperlukan, karena jika siswa tidak diawasi siswa akan dengan mudah mengakses situs jejaring sosial tersebut dan menggunakannya kearah yang tidak baik. Pergaulan siswa akan mudah melawan perkataan orang tua, dan usaha kita untuk menyelamatkan anak untuk tidak menggunakan akses internet secara berlebihan akan sia-sia dan tidak mendapatkan hasil yang maksimal. Pergaulan anak yang bebas dan pengaruh dari teman-teman juga dapat memudahkan anak untuk mengakses situs jejaring sosial dengan mudah. Maka dari itu siswa perlu diawasi untuk tidak mengakses internet dengan bebas.
4.      Memasang program anti pornografi dan perjudian pada jaringan
Kepada pihak sekolah juga diharapkan untuk memasang program anti pornografi dan perjudian pada jaringan umum sekolah, karena apabila hal tersebut tidak diindahkan maka dapat berakibat fatal dalam perkembangan siswa untuk berinteraksi secara bebas keluar. Pembatasan penggunaan internet juga dibutuhkan agar tidak semua siswa dapat mengakses internet secara bersamaan.
5.      Banyak melakukan kegiatan keagamaan
Siswa yang memasuki masa remaja yang sedang berusaha mencari jati diri membutuhkan nasehat – nasehat dari orang yang berpengalaman. Dengan melakukan kegiatan keagamaan, aktifitas berinternet dapat terkurangi. Kegiatan semacam ini juga dapat membentuk moral dan akhlak siswa menjadi lebih baik. Sehingga membentuk pola pikir yang lebih dewasa tanpa harus mengarah ke hal – hal yang negatif. 
Dengan mengimplementasikan hal di atas pada kehidupan sehari hari, diharapkan berbagai dampak negatif yang ditimbulkan oleh internet dapat ditanggulangi bahkan dicegah, baik sebelum terjadi atau sesudah dampak itu terjadi. Namun untuk lebih meminimalkan dampak negatif yang dihasilkan dari internet, alangkah lebih baiknya jika kita menggunakan internet dan jejaring sosial dengan bijak.


BAB III

PENUTUP

A.      KESIMPULAN
Teknologi yang kian hari semakin berkembang mulai dari awal kehidupan sampai sekarang ini semakin tak bisa terpisahkan dari kehidupan umat manusia.
Penggunaan internet sebagai media pendukung dalam melakukan berbagai aktifitas semoga dapat dimanfaatkan kearah yang positif. Semoga dengan tersusunya karya ilmiah sederhana ini dapat memacu para pembaca untuk menghindari hal – hal yang kurang baik dari terciptanya internet itu sendiri. Dan dapat memanfaatkan internet dengan pengetahuan yang  telah didapatkan  dari karya ilmiah ini ke arah yang lebih baik lagi.
Dengan kajian internet yang lebih baik juga dapat memberikan konstribusi yang baik bagi para tenaga pendidik memberikan dan menyampaikan materi pembelajaran dengan baik dan lebih  jelas.
Peran dari internet terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia. Namun manusia juga tidak dapat menghindari hal – hal yang merupakan dampak negatif yang mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia.

B.      SARAN
            Kepada para pembaca agar selalu menjaga dan membentengi diri dengan tameng yang kuat serta kokoh untuk melindungi diri dari munculnya teknologi modern yang semakin hari semakin berkembang ini. Memberikan siraman – siraman rohani agar moral dapat selalu terpupuk untuk melakukan hal – hal yang postif dan menghindari hal – hal yang negatif.  Serta selalu berpikir positif agar hidup kita pun selalu mengarah ke hal yang positif.




sumber:
http://dahlanforum.wordpress.com/2009/08/29/menyusun-laporan-ilmiah/
http://www.pengertianahli.com/2013/10/pengertian-laporan-ilmiah-dan.html
http://zufraenimochammad.blogspot.com/2013/01/laporan-ilmiah.html
http://dendiatama.blogspot.com/2011/04/apa-itu-laporan-dan-macamnya.html
http://bayusonova01.blogspot.com/
http://id.wikipedia.org/wiki/Internet 
http://parangtinggia.blogspot.com/2013/06/contoh-laporan-ilimiah-mengenai-dampak.html

Selasa, 03 Juni 2014

Resensi Novel "Dia, Tanpa Aku"

                                                         "Dia, Tanpa Aku"

 

Judul buku                    : Dia, Tanpa Aku 
Nama pengarang          : Esti Kinasih 
Tanggal penerbit          : Januari - 2011 
Nama penerbit             : PT. Gramedia Pustaka Utama  
Tebal buku                   : 2 cm
Jumlah halaman           : 280 halaman
Harga                           : Rp 38.000,- ( tiga puluh delapan ribu rupiah)  

 

Kepengarangan

Latar Belakang Pengarang
        
          Esti Kinasih Lahir di Jakarta, 9 September 1971, sulung dari tiga bersaudara. Cewek Virgo ini punya hobi nulis, traveling, naik gunung, ngoleksi T-shirt bergambar Jeep, dan ngoleksi prangko.
          Dia, Tanpa aku adalah novel keempat Esti, setelah Fairish (2004) yang menjadi novel teenlit yang paling banyak dibaca dan oplahnya menembus angka 100.000 kopi, CEWEK!!! (2005) yang juga laris manis, dan STILL... (2006) yang merupakan sekuel CEWEK!!!.
          Cewek yang punya prinsip hidup easy going ini tetap terobsesi mendaki puncak Himalaya.



Sinopsis:            
   
Ronald, cowok kelas 2 SMA, sudah lama naksir Citra yang masih kelas 3 SMP. Tapi Ronald belum mau PDKT. Ia mau menunggu Citra masuk SMA, maka dari itu sepulang sekolah  Ia selalu mengajak sahabatnya, Andika ke sekolah Citra untuk mengamati Citra dari kejauhan. Segala informasi-informasi seputar Citra seperti hobi, cita-cita dan bahkan foto tersimpan di buku catatannya. Keisengan Citra lah yang mempertemukannya dengan Ronald, tapi hanya sebatas pertemuan dan Citra tidak sempat tau nama Ronald.
            Waktunya menyambut Citra di SMA untuk mengungkapkan isi hatinya telah di persiapkannya dengan menabung uang untuk membeli baju dan sepatu khusus yang akan di persembahkannya untuk Citra, bahkan Ia rela membawa lontong dan bakwan udang ke sekolah untuk di jual kepada teman-temannya.
            Saat yang di tunggu Ronald selama berbulan-bulan akhirnya tiba. Citra masuk SMA. Namun Ronald kecewa karena ternyata Citra masuk ke SMA yang sama dengan adiknya, Reinald dan sekelas pula. Ronald memutuskan untuk menemui Citra alasannya karena Ia takut keburu direbut orang. Namun keinginan dan harapan Ronald untuk menemui Citra tidak terwujud.  Di temani Andika, Ronald pergi ke rumah Citra. Tepat di depan gang rumah Citra, Andika menyerahkan buket bunga yang masih mekar. Usai itu Ronald berbalik dan semuanya seakan menjadi hitam, kelam dan tenggelam. Ronald tewas ketika mobil sedan dengan kecapatan maksimum datang dari arah yang tak di duga. Yang tersisa hanya sekuncup bunga mawar putih yang di berikan Reinald kepada Citra keesokan harinya dirumah duka. 
            Sejak kematian Ronald, Reinald sangat terpukul. Sempat timbul kebencian di hati Reinald pada Citra. Reinald selalu menganggap kalau Citra lah yang membunuh abangnya. Kebencian Reinald mulai membara ketika Citra berdiri di hadapannya, tetapi sebelum Citra berbicara. Ia mengajak Citra untuk datang kerumahnya. Di rumah, Reinald mengingatkan Citra kembali pada Ronald dengan menyerahkan foto Ronald, karena sebelumnya Ronald pernah menolong Citra karena keisengannya. Namun Citra sedikit pun tidak mengingat wajah itu.
Keesokan harinya, Reinald menyuruh Roni pindah tempat duduk bersama Loni dan Reinald sendiri duduk dengan Citra. Hari demi hari di lewati Citra di temani Reinald. Tidak pernah sedikit pun Citra lepas dari pengetahuaanya. Kadang-kadang Citra bosan dan ingin memberontak, tetapi Reinald tak merespon itu. Suatu hari Citra lupa membawa buku cetak Pendidikan Kewarganegaraan. Citra langsung panik.  Namun kepanikan itu mereda ketika Reinald menyodorkan buku cetaknya pada Citra. Alhasil, saat jam pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Reinald dihukum keluar kelas karena tidak membawa buku cetak.
        Hari-hari dihadapi Citra dengan senyuman di temani Reinald. Kini Ia tidak takut keisengannya membuat Ia sial. Karena ada Reinald yang selalu berada di sampingnya. Namun bayang-bayang Ronald terus mendatangi Reinald. Akhirnya Ia memutuskan agar tidak dekat pada Citra. Mulai dari berangkat sekolah, ke kantin, duduk dan aktivitas lain yang biasa mereka lakukan bersama kini tidak lagi berjalan dengan kebersamaan. Reinald selalu mencari alasan agar Ia tidak dekat dengan citra. Hingga Citra merasa bingung dan kesepian. Kesendirian itu tidak berlansung lama saat Reinald menyadari bahwa bukan Citra penyebab kematian abangnya. Setelah beberapa hari mereka menjalin hubungan,hari-hari Reinald kini penuh dengan ketakutan dan kekalutan yang sangat pekat.Karena ia di bayang-bayangi sosok kakaknya,yang seolah tak rela dirinya bersama Citra.Saat itu pula Reinald mencoba untuk menghindar dan merelakan Citra di jaga kakak tercintanya.Ya,Reinald menyebutnya “Ronald telah kembali”. Kejadian aneh yang menimpa Reinald dan Andika,sahabat Ronald sejak SMP berulang-ulang.Sehingga membuat mereka berdua tercengang.Salah satunya seperti peristiwa yang di alami Andika dan Reinald di sekolah Reinald.Kejadian itu sama persis seperti kejadian yang di alami Andika dan Ronald dulu.Tetapi hanya beda sedikit.Hanya kali ini dia bersama Reinald,bukan Ronald lagi.Sungguh kejadian tersebut seperti “déjà vu”Dan ada kejadian satu lagi. Hingga pada suatu saat, Reinald mengajak Citra ke rumahnya untuk belajar bahasa inggris karena ada ulangan. Ternyata bukan Cuma mereka berdua di rumah melainkan ada Andika juga.
         Sebelum belajar,  Citra menyuruh Reinald menyetel radio. Dengan malas Reinald meminjam radio ke kamar Bi Minah, pembantunya. Reinald mulai memutar-mutar turning. Tiba-tiba gerakan tangannya berhenti. Samar-samar di dengarnya lagu Gleen-Dewi yaitu lagu kesukaan abangnya.  Kejadian di radio kecil milik Bi Minah,pembantu Reinald.Di radio tersebut ada seseorang tamu yang ingin menceritakan kisah hidupnya.Ia mengaku sebagai Tom.Tetapi Reinald dan Andika tak percaya.Semua yag di ceritakan Tom sama persis seperti apa yang di alami oleh Ronald.Dan mereka yakin itu suara Ronald.Ronald juga sempat berbicara dengan Citra,Reinald,dan Andika.Ronald hanya berpesan pada Andika dan Reinald untuk selalu menjaga Citra.Dan saat itu Reinald dan Andika tidak bisa mengatakan sesuatu apapun.Mereka hanya tercengang melihat kejadian yang berlalu begitu saja.
         Ketika lagu itu berakhir, suara sang penyiar cewek langsung membuka pembicaraan. Ia memberi tahu bahwa ada tamu di studionya yang di undang atas permintaan pendengar. Suara itu seperti tidak asing di telinga Reinald. Suara itu persis dengan suara almarhum abangnya. Sang tamu itu mulai menceritakan kisah cinta pertamanya yang tidak pernah terwujud dan juga bercerita tentang adik lelakinya. Ia memiliki gebetan bernama Devi bukan Citra.
         Sesaat setelah cerita itu berakhir, Samar-samar terdengar lagu yang sama ketika di awal perjumpaan tadi disusul dengan suara sang penyiar yang mengatakan siapapun yang ingin berinteraksi langsung dengan sang tamu, ada satu nomor telepon yang bisa dihubungi.
         Di deringan pertama, sang tamu langsung menjawab Citra. Mereka berbicara sangat akrab. Ketegangan Reinald bertambah saat Citra memberi hp nya pada Reinald dari perintah sang tamu. Di telepon sang tamu berpesan agar selalu menjaga Citra dan sang tamu juga bilang bahwa Ia sayang dengn Reinald. Kata-kata itu jelas berarti bahwa tamu itu adalah Ronald, almarhum abangnya. Dan saat itu pula Reinald berjanji,akan selalu menjaga Citra. Demi kakak tercintanya.
 Keesokannya Reinald mengajak Citra ke makam abangnya. Reinald menjelaskan semuanya kepada citra. Tapi Citra hanya bisa diam membungkam. Mereka hanya bisa menyampaikan doa bagi seseorang yang kini dipeluk bumi dan tidur dalam diam.

 
Kelebihan Buku


        Kisah romantis sedih yang ditawarkan Esti Kinasih sangat menarik. Apalagi novel ini termasuk Teenlit yang ringan namun memiliki cerita yang worth-it. Setelah membaca sinopsis nya mungkin sebagian orang berpikir ini novel "horror". Namun cerita ini adalah cerita romantis nan sedih. Yang membuat horror adalah ketika Hantu Ronald yang muncul.
        Tokoh-tokoh yang ada dicerita ini memiliki karakter yang kuat, lucu dan konyol. Sehingga tidak hanya  membuat pembaca sedih dan galau namun juga membuat para pembaca senyum-senyum melihat tingkah laku parah tokoh yang lucu.  
        Novel ini membuat kita mengikuti alur yang dibuat Esti Kinasih. Ketika Sedih, kita seperti merasakan apa yang dirasakan Tokoh.   Walaupun kesannya novel ini "kacangan" dan banyak dipasaran, Esti Kinasih berhasil menciptakan suasana kehidupan sehari-hari remaja.
      
 Kelemahan Buku

       Sayangnya ending novel ini tidak klimaks. Pembaca tidak tahu, apakah nanti Reinald akan bersama Citra dan bahagia selamanya atau tidak. Sebaiknya penulis membuat akhir cerita pada novel ini lebih jelas sehingga endingnya klimaks. Over-all, Novel ini worth it untuk dibaca. Tidak seperti "novel teenlit kacangan" yang lain. Dan kehadiran Ronald setelah meninggal tidak begitu jelas, dan tidak masuk akal. 

Kritik dan Saran

Cerita ini menurut saya menarik, tetapi penulis seharusnya membuat ending cerita yang lebih bagus dan menarik supaya pembaca tidak merasa penasaran.

Kesimpulan

Novel ini sangat menarik untuk dibaca oleh para remaja yang sedang mengalami percintaan.